Harga Honda Beat baru, Harga Honda Beat, Harga Honda Beat bekas, spesifikasi Honda Beat, cara merawat Honda Beat

Sabtu, 17 September 2016

Cara Merawat Honda Beat | Cara Merawat Motor Matik Honda Beat

Cara Merawat Honda Beat | Cara Merawat Motor Matik Honda Beat - Memiliki motor tanpa bisa melakukan perwatn yang optimal, maka sama saja Anda menyia-nyiakan motor Anda. Termasuk juga ketika Anda memiliki Honda Beat, maka Anda pun juga harus pandai dan mengerti cara merawat Honda Beat agar bisa awet dan tahan lama. Atau jika terpaksa tidak bisa, maka Anda harus memahami kapan motor Honda Beat Anda harus dilakukan perawatan agar bisa berperforma menawan dan optimal. Ada beberapa cara dan tips merawat Honda Beat yang bisa Anda coba dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Merawat Honda Beat
Cara Merawat Honda Beat

Cara merawat Honda Beat sendiri di rumah ini sebenarnya lebih kepada pencegahan akan terjadinya kerusakan dan bagaimana cara merawat Honda Beat sederhana dan lebih simpel. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan guna sebagai tips perawatan Honda Beat. Bukan perkara yang sulit sebenarnya, namun hanya membutuhkan konsistensi dan keseriusan Anda dalam menjalankan tips merawat motor Honda Beat. Maka dari itu, untuk kesempatan kali ini akan kami sampaikan beberapa cara merawat Honda Beat yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Hal ini ditujukan tentu saja untuk mencegah terjadinya kerusakan dini pada beberapa komponen pada Honda Beat Anda.

Cara Merawat Honda Beat


1. Panaskan Mesin Terlebih Dahulu Sebelum Pemakaian


Salah satu cara sederhana yang bisa Anda gunakan sebagai cara merawat Honda Beat adalah dengan melakukan pemanasan mesin selama lebih kurang 5 sampai 10 menit setiap kali akan menggunakan motor Honda Beat, terutama di pagi hari. Kenapa pagi, karena biasanya di malam hari motor Honda Beat lama tidak dipakai dan tentunya akan membuat mesin menjadi lebih dingin. Atau, jika Anda malas atau terburu-buru tidak sempat memanasi motor Honda Beat, Anda bisa langsung menggunakannya namun jangan langsung menggeber dengan kecepatan tinggi, sebaiknya pelan-pelan saja dulu baru sesudah beberapa saat, Anda bisa mengendarainya dengan kecepatan tingi. Hal ini dilakukan bertujuan agar oli bisa bekerja secara optimal ke seluruh bagian mesin. Karena biasanya ketika motor dalam keadaan tidak menyala, oli tidak merata pada seluruh bagian mesin motor.

2. Cek Rutin Pada Aki, Oli Dan Busi


Cara merawat Honda Beat ini harus Anda lakukan. Anda harus secara rutin melakukan cekking pada kedua komponen yang sangat penting untuk menjaga performa motor Honda Beat tetap optimal dan maksimal. Pastikan busi dalam keadaan yang baik dan bersih, jika keadaan busi kotor maka segera lakukan pembersihan agar tidak mempengaruhi kinerja dan penampilan motor Anda. Demikian halnya dengan Aki, jika Aki sudah tidak berfungsi dengan baik, maka sebaiknya Anda segera menggantinya dengan yang baru agar motor Honda Beat Anda tetap bisa melaju dengan sempurna. Satu lagi yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memeriksa keberadaan oli. Jangan sampai oli sampai kehabisan, lakukan pemeriksaan secara berkala agar tidak sampai terjadi oli over pemakaian.

Baca juga : Harga Honda Beat Bekas Terbaru

3. Jaga Perilaku Berkendara Anda


Cara merawat Honda Beat selanjutnya adalah perilaku Anda sendiri dalam berkendara. Artinya adalah, untuk menjaga agar motor Honda Beat Anda tetap bisa berpenampilan maksimal, ada baiknya jika Anda jangan langsung tancap gas terlalu kencang dan melakukan pengereman mendadak atau secara tiba-tiba. Apa yang Anda lakukan ini bisa mempengaruhi kinerja transmisi motor matic Honda Beat Anda sehingga bisa mempercepat aus. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga cara mengendara motor Honda Beat Anda jangan ugal-ugalan.

Cara Merawat Motor Matik Honda Beat


4. Lebih Teliti Saat Melakukan Tritmen


Artinya adalah, Anda harus teliti ketika melakukan tritmen pada motor Anda. Misalnya ketika Anda sedang menservice motor Honda Beat Anda, maka sebaiknya ANda jangan lupa meminta mekanik untuk melakukan pemeriksaan pada suang transmisi jika sudah kotor. Atau ketika Anda mencuci motor matic Honda Beat Anda, sebaiknya jangan sampai bagian ECM dan Throttle body basah berlebihan karena dapat merusak bagian tersebut.

5. Usahakan Bahan Bakar Selalu Penuh


Anda harus selalu mengisi tangki bbm Anda secara penuh. Jangan lakukan kebiasaan lama untuk tidak mengisi bahan bakar minyak ketika masih ada bbm di dalam tangki meski tidak penuh. Hal ini sangat tidak bagus untuk motor matik, karena ketika motor Anda tangki dalam keadaan tidak penuh maka akan berbahaya dan berakibat buruk pada pompa injektor.

6. Lakukan Pengecekan Terhadap Van Belt


Selanjutnya tips perawatan motor Honda Beat yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan terhadap Van Belt. Van Belt sendiri fungsinya hampir sama seperti rantai pada motor matic Anda. Sebaiknya Anda segera melakukan penggantian pada van velt ketika tarikan motor sudah terasa berat dan terasa lebih keras. Jangan menunggu lagi, segera lakukan penggantian untuk menjaga performa motor Honda Beat Anda bisa lebih mantab dan lebih optimal.

Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Honda Beat

7. Servis Rutin Harus Dilakukan


Meski Anda telah secara mandiri melakukan cara merawat Honda Beat di rumah, namun melakukan servis secara rutin ke dealer resmi Honda mutlak perlu dilakukan. Karena bagaimanapun juga tentu pihak teknisi Honda jauh lebih memahami seluk beluk motor Honda yang Anda miliki. Anda bisa mengagendakan servis secara rutin dalam beberapa bulan misalnya. tergantung sejauh mana penggunaan motor Honda Beat Anda. Jika memang motor Anda bekerja dengan keras atau digunakan dalam jarak yang jauh atau intensitas yang padat, maka Anda harus melakukan cek dan servis dengan lebih cepat.

Nah teman-teman semua, itulah beberapa tips cara merawat Honda Beat yang bisa kami sampaikan untuk kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas bisa menjadi acuan Anda dalam merawat Honda Beat Anda agar bisa awet dan bisa bertahan lama dalam performa yang optimal. Jangan pernah lelah untuk melakukan perawatan motor Honda Beat, karena dari perawatan yang maksimal lah performa Honda Beat Anda akan semakin ciamik dan tentunya tidak mudah terjadi kerusakan. Setidaknya jika Anda tidak mengerti bagaimana cara merawat Honda Beat yang benar, Anda bisa secara rutin pergi ke dealer resmi Honda untuk melakukan servis rutin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Honda Beat | Cara Merawat Motor Matik Honda Beat

0 komentar:

Posting Komentar